Thursday, May 12, 2016



Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang termasuk dalam kelompok ilmu pengetahuan alam. Seperti ilmu pengetahuan lainnya, ilmu kimia banyak berperan dalam kehidupan. Dimana ilmu kimia mulai diperkenalkan di jenjang sekolah menengah pertama. Namun pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari kita telah banyak memanfaatkan ilmu kimia terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena banyaknya manfaat ilmu kimia dalam kehidupan kita, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu ilmu kimia. Pada halaman ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai ilmu kimia.
Kimia berasal dari bahasa Arab كيمياء  “Seni transformasi” dan bahasa Yunani Khemeia “Alkimia” adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari- hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.  Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antara atom. Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul. Ilmu kimia membahas semua materi tentang yaitu mengenai susunannya dan strukturnya, sifat, perubahannya dan energi yang menyertai perubahannya.
Ilmu kimia berhubungan erat dengan semua indera manusia, yaitu penglihatan, pendengaran, perasaan, dan penciuman. Selain itu, ilmu kimia merupakan batu loncatan ke ilmu lain. Ilmu kimi  menolong seseorang untuk mempelajari bidang- bidang ilmu lainnya. Banyak contoh dari bidang kimia dapat diberikan, yang menekankan kegunaan ilmu kimia. Namun, disamping aplikasi ini, konsep-konsep ilmu kimia dapat juga digunakan dalam kehidupan sehari- hari. Bahan kimia sering ditakuti oleh sebagian orang yang mungkin tidak mengerti kimia. Sebenarnya bahan kimia meliputi semua benda yang terdapat dalam kehidupan sehari- hari setiap benda di sekeliling kita, bahkan tubuh kita sendiri terdiri atas bahan- bahan kimia. Buku, udara, rumah, makanan dan minuman, semuanya termasuk bahan kimia. Bahan kimia terdapat dimana-mana. Bahan kimia yang terdapat di sekitar kita, banyak yang berasal dari alam dan banyak pula yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan berasimilasi dengan proses kimia. Lemak, vitamin, yang keseluruhannya merupakan proses kimia sehingga dapat menghasilkan gas karbondioksida, air dan energi. Batuan, besi, emas, kapas, gula, garam, semuanya adalah contoh bahan kimia yang telah berabad-abad sangat besar peranannya terhadap kehidupan manusia. Bahan- bahan tersebut dapat digunakan untuk membangun rumah, membuat pakaian dan merupakan bahan makanan. Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Ilmu kimia telah menghantarkan produk-produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam kehidupan sehari- hari banyak produk yang telah kita pergunakan seperti sabun, deterjen, pasta gigi, dan kosmetik. Penggunaan polimer pengganti untuk kebutuhan industri dan peralatan rumah tangga dari penggunaan bahan baku logam telah beralih menjadi bahan baku plastik polivynil clorida (PVC).  Kebutuhan makanan juga menjadi bagian yang banyak dikembangkan dari kemasan, makanan olahan sampai dengan pengawetan.  
MANFAAT ILMU KIMIA
Adapun beberapa manfaat ilmu kimia adalah sebagai berikut :
  • Bidang kesehatan,ilmu kimia dalam bidang kesehatan digunakna untuk membuat obat-obatan. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu kimia Farmasi. Salah satu contoh penerapan ilmu kimia di bidang kesehatan adalah pemanfaatan ilmu kimia farmasi dalam penentuan rumus senyawa aktif yang berperan sebagai obat dan ilmu kimia juga berperan dalam pembuatan obat-obat sintesis.
  • Bidang pertanian, ilmu kimia di dalam pertanian dimanfaatkan dalam pembuatan pupuk sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan nutrisi bagi pertumbuhan tanaman sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil pertanian. Selain pemanfaatan ilmu kimia dalam pembuatan pupuk, ilmu kimia juga digunakan dalam pembuatan pestisida untuk menghambat kerja organisme atau makhluk hidup yang menggangu pertumbuhan tanaman dan mengatasi penyakit yang sering kali mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Bidang industri, ilmu kimia banyak dimanfaatkan dalam bidang industri. Dimana industri yang ada selalu melibatkan ilmu kimia dalam kegiatan produksi. Ilmu kimia sangat berperan dalam penetuan teknis atau cara produksi yang digunakan dalam industri tersebut. Hal ini wajar karena pada dasarnya ilmu kimia adalah ilmu yang berperan penting dalam bidang industri. Ilmu kimia mempelajari prinsip-prinsip dasar agar industri dapat menghasilkan barang dengan kualitas yang diharapkan.
  • Bidang biologi, ilmu kimia sangat berhubungan dengan ilmu biologi. Dimana ilmu kimia dan biologi saling bergantungan. Proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup melibatkan reaksi kimia. Dimana kedua ilmu ini dibutuhkan untuk dapat menjelaskan mengenai suatu proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup. Contoh, proses pencernaan merupakan proses kimia yang dipelajari dalam biologi, yang diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa, seperti karbohidrat, protein, lemak, enzim dan vitamin.
  • Bidang arkeologi, salah satu penerapan ilmu kimia dalam bidang arkeologi adalah pemanfaatan ilmu kimia dalam penentuan umur fosil.
  • Bidang hukum, salah satu penerapan ilmu kimia dalam bidang hukum adalah pemanfaatan ilmu kimia untuk membuktikan tingkat kejahatan seseorang melalui pemerikasaan DNA. Dimana adanya kecenderungan  setiap individu memiliki DNA berbeda sehingga pemeriksaan dapat mengidentifikasi seseorang. Selain itu ilmu kimia juga dapat digunakan untuk melakukan proses autopsi sehingga dapat menentukan waktu kematian dan penyebab kematian seseorang
Berdasarkan manfaat ilmu kimia yang besar dalam kehidupan sehari-hari kita, maka bukanlah merupakan hal  yang berlebihan bila kita mengenal ilmu kimia dengan lebih jauh lagi. 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Social Icons

Followers

Featured Posts

Social Icons

Popular Posts

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget